Rocker arm merupakan salah satu komponen mesin yang merupakan penggalan dari sistem valve train pada silinder kepala (cylinder head). Rocker arm ini banyak kita temukan pada mesin-mesin jenis OHV (Over Head Valve) ataupun OHC (Over Head Camshaft).
Rocker arm ini juga sering disebut sebagai pelatuk katup atau templar. Rocker arm terletak di penggalan silinder kepala, tepatnya dipasang pada sebuah shaft yang dinamakan rocker arm shaft yang berada diantara camshaft dan katup (klep).
Bisa dikatakan bahwa rocker arm yang dipasang pada silinder kepala ini merupakan penghubung gerakan diantara katup dengan camshaft.
Fungsi rocker arm ialah untuk membuka atau menutup katup hisap (intake valve) dan katup buang (exhaust valve) menurut gerakan camlobe (nok) pada camshaft. Ketika camlobe pada camshaft mendorong rocker arm, maka rocker arm akan bergerak menekan katup sehingga katup akan terbuka.
Jika katup intake tertekan oleh rocker arm, maka adonan materi bakar dan udara sanggup masuk ke dalam ruang bakar mesin, sedangkan bila katup exhaust yang tertekan oleh rocker arm, maka gas sisa hasil pembakaran sanggup keluar dari ruang bakar menuju ke exhaust manifold.
Rocker arm mempunyai bentuk dan model yang berbeda-beda, ada yang memakai roller pada salah satu ujungnya, dan adapula yang hanya dibuat ibarat ganjal sepatu. Model yang ada pada rocker arm ini tergantung dari model yang dipakai pada sistem valve trainnya. perhatikan model dan bentuk rocekr arm pada gambar di bawah berikut
Jika tipe mesinnya masih mengusung penyetelan celah klep, maka pada penggalan ujung lainnya dari rocker arm ini akan ditemukan baut penyetel celah katup beserta mur pengikatnya. sedangkan bila tipe mesinnya sudah tidak memerlukan penyetelan celah klep, maka kita akan menemukan coakan daerah dudukan dari Hidraulic Auto Lash Adjuster.
Demikianlah artikel wacana fungsi rocker arm yang sanggup ombro sampaikan agar sanggup bermanfaat.
- Home
- Teori Otomotif
- Fungsi Rocker Arm Pada Silinder Kepala Mesin