Seperti kita ketahui pada umumnya, bahwa mobilitas sebuah perusahaan akan selalu dilakukan oleh para karyawannya, dan termasuk salah satu diantaranya yaitu mengemudikan mobil.
Jadi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk meningkatkan performance dengan memperlihatkan kemampuan cara mengendarai kendaraan beroda empat dengan baik dan benar sehingga peluang pekerjaan pun akan semakin besar.
Keterampilan mengemudi mobil, apalagi di tunjang dengan teknik-teknik mengemudi kendaraan beroda empat yang baik dan benar, tentu akan menambah nilai kompetensi Anda sebagai karyawan atau calon karyawan sekalipun dimata perusahaan Anda.
Terlebih lagi, kalau Anda sudah mempunyai akta dari tempat kursus mengemudi kendaraan beroda empat yang memang kredibel dan terpercaya, tentunya hal ini semakin menjadi nilai tambah tersendiri bagi Anda ketika melamar pekerjaan.
Jelas, mempunyai keterampilan mengemudi kendaraan beroda empat manual maupun matic secara benar, tentunya tidak akan menciptakan Anda rugi, pasalnya keterampilan ini akan selalu menempel dan sanggup dipergunakan kembali sewaktu-waktu apabila diperlukan.
Oleh lantaran itu, banyak orang yang tanpa berpikir panjang mau untuk membayar dengan harga mahal jasa kursus setir kendaraan beroda empat meskipun harga yang ditawarkan pada kursus setir kendaraan beroda empat tersebut terbilang cukup tinggi.
Lantas bagaimana kalau kita tidak mempunyai banyak uang namun ingin bisa menyetir kendaraan beroda empat dan mempunyai kemampuan tersebut ? Pada artikel kali ini akan kami bagikan beberapa informasi perihal bagaimana cara mengemudi kendaraan beroda empat manual secara belajar sendiri bagi pemula .
Langkah #1 ; Mengenali komponen dan fitur mengemudi di dalam kendaraan beroda empat manual
Langkah pertama untuk berguru menyetir kendaraan beroda empat bagi pemula yaitu mengetahui perihal teori mengemudi kendaraan beroda empat manual yang benar.Selain kendaraan beroda empat tentunya, perlu Anda ketahui bahwa untuk memulai cara mengemudi kendaraan beroda empat manual secara belajar sendiri bagi pemula yaitu dengan mengenali, memahami dan mengetahui apa saja komponen yang sering dipakai didalam kendaraan beroda empat guna mengemudi mobil.
Untuk itu, sebelum kita berguru menyetir mobil, ada 7 komponen dan fitur wajib yang perlu diketahui guna mengemudikan kendaraan beroda empat manual.
- Pedal Gas ;
Berfungsi untuk mempercepat atau memperlambat laju kendaraan beroda empat yang sedang Anda kendarai, umumnya terletak disisi paling kanan - Pedal Rem ;
Berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju mobil. Pedal rem ini letaknya di tengah-tengah, diantara pedal gas dan pedal kopling - Pedal Kopling ;
Digunakan ketika perpindahan gigi, selain itu juga dipakai sebagai prasyarat ketika berhenti biar mesin kendaraan beroda empat tidak mati. - Rem Tangan ;
Digunakan ketika parkir atau ketika mengemudi di tanjakan ataupun jalan menurun. - Tuas Persneling ;
Digunakan untuk memindahkan gigi ketika berkendara - Setir / Roda kemudi ;
Digunakan untuk mengatur arah kendaraan beroda empat ketika melaju dijalan - Tuas lampu Sein ;
Digunakan ketika Anda ingin berbelok ke kanan ataupun kekiri, berfungsi supaya pengemudi lain yang ada dibelakang Anda mengetahui arah yang ingin Anda tuju.
Langkah #2 ; mengoperasikan komponen mengemudi mobil
Setelah Anda mengetahui komponen apa saja yang sering dipakai ketika mengemudi kendaraan beroda empat sekarang saatnya Anda memahami fungsi dasar dan cara mengoperasikan komponen-komponen tersebut.Ada 3 komponen utama yang paling penting untuk diperhatikan oleh pemula ketika mengemudi kendaraan beroda empat yaitu :
1. Setir2. Pedal Gas, Kopling, dan Rem.3. Tuas Persneling
1. Cara memegang setir / roda kemudi
Langkah awal sebelum memegang setir yaitu dengan mengatur posisi duduk. Atur posisi duduk biar bisa tetap nyaman selama mengemudi. Setelah nyaman, langkah berikutnya yaitu mengetahui cara memegang setir yang baik
- Bayangkan setir layaknya sebuah jam
- Posisikan tangan kiri pada arah jam 9
- Posisikan ajudan pada arah jam 3
- Atur ketinggian kedua tangan biar tidak melebihi pundak Anda.
- Ibu jari sebaiknya tidak perlu mencengkram bulat setir.
- Pegang setir dengan santai dan rileks
2. Pedal Gas, Kopling dan Rem
Pedal gas, pedal kopling dan pedal rem semuanya dioperasikan dengan kaki, dimana penggunaannya yaitu dengan ditekan (diinjak) sesuai dengan kebutuhan ketika mengemudi mobil. Adapun posisi masing-masing kaki yaitu sebagai berikut- Kaki kanan dipakai untuk mengoperasikan pedal gas dan pedal rem,
- Kaki kiri hanya mengoperasikan pedal kopling.
3. Tuas Persneling
Untuk kendaraan beroda empat manual biasanya terdapat gambar / petunjuk posisi gigi percepatan yang terletak diatas tuas persnelingnya. Biasanya terdiri dari angka 1-2-3-4-5 dan R untuk gigi mundur. Posisi gigi Netral (N) umumnya bearada di tengah-tengah.Untuk memastikan gigi dalam posisi Netral (N) silahkan goyang tuas ke kanan dan ke kiri, apabila ia bebas di gerakkan ke kanan dan ke kiri artinya posisi tuas berada dalam kondisi netral (N)
Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah berikut.
Contohnya ketika akan masuk gigi 1.
- Injak pedal kopling dan tahan
- Geser tuas persneling penuh kearah kiri
- Selanjutnya dorong tuas persneling ke depan menuju angka 1
- Persneling kendaraan beroda empat akan masuk ke gigi 1 (biasanya terasa ada "klek" pelan di tangan)
Unsur feeling dan perasaan ketika memindahkan gigi perneling kendaraan beroda empat sangatlah diperlukan, arah perpindahan gigi persneling, serta suara "klek" disaat sedang melaksanakan perpindahan gigi mengambarkan perpindahan persneling yang tepat.
Setelah cukup hafal dengan cara memindah gigi yang tepat, lanjutkan dengan menghafal posisi perpindahan gigi, alasannya yaitu di ketika menyetir Anda dilarang melirik tuas persneling maupun panel lain.
Langkah #3 ; Teori dasar mengemudi mobil
Setelah Anda mengetahui komponen untuk mengemudi kendaraan beroda empat dan sudah mengenal fungsi serta cara mengoperasikannya, langkah selanjutnya bagi Anda yaitu memahami teori dasar mengemudi.
Teori dasar mengemudi kendaraan beroda empat ini sangatlah penting untuk dipelajari lantaran hal ini merupakan ketrampilan dasar seorang pengemudi mobil.
1. Menghidupkan mesin mobil
- Tarik tuas rem tangan (handbrake)
- Pastikan tuas gigi persneling dalam posisi netral
- Injak pedal kopling dan tahan
- Putar kunci kontak ke arah start
- Setelah mesin hidup, lepaskan pedal kopling secara perlahan
2. Berhenti dan mematikan mesin mobil
Berikut yaitu cara berhenti dan mematikan mesin kendaraan beroda empat ketika berguru mengemudi mobil- Tekan pedal kopling dan tahan dengan kaki kiri
- Angkat kaki kanan dari pedal gas dan pindahkan ke pedal rem
- Injak pedal rem dengan kaki kanan secara perlahan supaya kecepatan kendaraan beroda empat berkurang hingga berhenti sesuai keinginan.
- Setelah kendaraan beroda empat berhenti dan membisu di tempat sesuai keinginan, pindahkan tuas persneling ke posisi netral
- Tarik rem tangan dan lepaskan pedal kopling
- Putar kunci ke arah off untuk mematikan mesin mobil.
3. Membuat kendaraan beroda empat berjalan maju
Setelah mesin kendaraan beroda empat hidup, sekarang saatnya Anda mulai berguru untuk menciptakan kendaraan beroda empat berjalan maju- Injak dan tahan pedal kopling dengan kaki kiri, kaki kanan bersiap di pedal gas
- Pindahkan tuas persneling ke gigi 1
- Lepaskan rem tangan (handbrake)
- Lepas perlahan-lahan kaki kiri dari pedal kopling (saat ini anda akan mencicipi kendaraan beroda empat mulai jalan)
- Ketika kendaraan beroda empat sudah mulai berjalan stabil, lepas kopling sepenuhnya sekaligus tekan perlahan pedal gas dengan kaki kanan guna menambah kecepatan.
4. Cara mengoper persneling ketika kendaraan beroda empat melaju
Pada dasarnya, cara mengoper persneling ketika kendaraan beroda empat melaju yaitu sama dengan apa yang sudah kita pelajari sebelumnya pada langkah mengoperasikan komponen mengemudi kendaraan beroda empat bab tuas persneling.Yang menjadi perbedaan ketika ini yaitu posisi kendaraan beroda empat sudah berjalan. Untuk melakukannya perhatikan langkah berikut
- Lepas kaki kanan dari pedal gas
- Tekan dan tahan pedal kopling dengan kaki kiri
- Pindahkan gigi persneling ke gigi selanjutnya
- Lepaskan kaki kiri dari pedal kopling bersamaan dengan menginjakkan kaki kanan ke pedal gas.
5. Cara memundurkan kendaraan beroda empat
- Injak dan tahan pedal kopling, kemudian pindahkan tuas persneling ke gigi R
- Angkat kopling pelan-pelan
- Rasakan hingga kendaraan beroda empat terasa bergerak mundur
- Atur gerak mundurnya kendaraan beroda empat dengan cara menginjak dan mengangkat kopling bertahap hingga kendaraan beroda empat bergerak perlahan (jangan lebih dan jangan mengangkat terlalu cepat biar mesin tidak mati)
6. Saat melalui polisi tidur
- Angkat kaki kanan dari pedal gas dan pindahkan ke pedal rem
- Injak pedal kopling dan tahan dengan kaki kiri,
- pindahkan tuas persneling ke gigi 1
- Angkat pedal kopling pelan-pelan, hingga kendaraan beroda empat bergerak maju, biarkan saja kendaraan beroda empat bergerak menggunakan tenaganya sendiri
- Jika dirasa polisi tidur terlalu tinggi dan tenaga kendaraan beroda empat tidak kuat, Injak pedal gas sedikit hingga dirasa kendaraan beroda empat bisa melewati polisi tidur
- Setelah sanggup melewati polisi tidur injak kembali pedal gas pelan-pelan
7. Menghentikan kendaraan beroda empat tiba-tiba ketika berjalan cepat
- Injak pedal rem pelan-pelan hingga jalannya kendaraan beroda empat terasa hampir berhenti
- Injak penuh pedal kopling dan tahan
- Pindahkan tuas persneling ke gigi Netral
- Angkat rem tangan
8. Saat macet di lampu merah
- Injak penuh pedal kopling dan tahan
- Tempelkan kaki kanan di pedal rem (mainkan sesuai keadaan jalan)
- Pindahkan tuas persneling ke gigi 1
- Angkat pedal kopling bertahap supaya kendaraan beroda empat bisa berjalan merayap
Langkah #4 ; Praktek Mengemudikan kendaraan beroda empat
Setelah Anda memahami dan menghapal dasar-dasar mengendarai mobil, maka langkah selanjutnya yaitu mulai mencoba mengaplikasikan teknik menyetir kendaraan beroda empat yang telah anda pelajari tadi.1. Hari pertama berguru mengemudi
Di hari pertama, hal terbaik yang harus anda lakukan yaitu mulai membiasakan diri untuk menggunakan fitur-fitur utama yang ada didalam kendaraan beroda empat seperti- Cara menghidupkan serta mematikan mesin
- Melancarkan cara-cara yang dibutuhkan ketika mengoper gigi, terutama untuk menekan pedal kopling dan menekan pedal gas (pelajari ketika mesin kendaraan beroda empat mati)
- Melancarkan cara penggunaan rem tangan
- Melancarkan cara memutar setir yang baik dan benar
- Memahami cara menggunakan lampu sen dan lampu hazard
- Mengatur posisi ketiga beling spion yang benar
Selain dari fungsi dan fitur mengemudi mobil, di hari pertama ini anda juga harus mengetahui ketentuan dasar mengemudi di jalan raya. Berikut yaitu tata cara mengemudi dasar yang harus di pahami yaitu :
- Arti dan makna rambu-rambu jalan raya yang ada.
- Norma-norma dan tata cara berbelok dan mendahului kendaraan lainnya.
- Pemakaian jalur kiri, jalur kanan, serta pundak jalan.
Setelah itu carilah tanah yang lapang untuk berlatih mengemudi, adapun latihan hari pertama yaitu :
- Cara menciptakan kendaraan beroda empat berjalan maju dan mundur.
- Membiasakan pergantian gigi persneling dan penggunaan kopling.
- Cara berhenti dan memarkirkan mobil.
- Cara mengendarai kendaraan beroda empat di tikungan / belokan serta cara memutar mobil.
Pada hari pertama, yang paling penting yaitu pengenalan terhadap kendaraan / kendaraan beroda empat yang anda gunakan untuk berlatih. Meskipun hanya maju, mundur, dan berbelok, secara reflek Anda akan mengetahui cara pengoperasian pedal gas, pedal kopling, dan pedal rem maupun letak tuas gigi persneling tanpa melihatnya.
2. Hari kedua berguru mengemudi
Pada hari kedua, saatnya Anda berguru mengemudi kendaraan beroda empat pada tempat yang berbeda. Sekarang mulailah dengan mengemudi mengelilingi tempat sekitar yang paling bersahabat dengan tempat Anda (lingkungan sekitar rumah Anda), akan lebih baik dilakukan pada jam-jam sepi.Adapun yang perlu dilatih pada hari kedua ini adalah
- Membiasakan diri untuk mengatur feeling pada lebar kendaraan beroda empat terhadap jalanan yang dilalui.
- Membiasakan diri dengan menyalakan lampu sein ketika belok ke kiri maupun ke kanan.
- Melancarkan perpindahan gigi dari gigi ke 1 dan gigi ke 2 atau sebaliknya ketika di belokan
- Saat jalan lurus, lancarkan juga cara mengoper gigi meskipun laju kendaraan beroda empat Anda tetap pelan (max 20 km/jam).
- Teruslah berlatih hingga kaki dan tangan anda benar-benar terbiasa mengemudikan mobil, usahakan biar tetap santai dan tidak tegang.
3. Hari ketiga berguru mengemudi
Pada hari ketiga ini saatnya Anda untuk belajar cara mengemudi kendaraan beroda empat manual di tanjakan dan turunan. Anda perlu berlatih teknik mengemudi kendaraan beroda empat di tanjakan dimana Anda perlu menggunakan rem tangan disertai dengan kombinasi memainkan pedal kopling dan pedal gas.Poin terpenting ketika berguru kendaraan beroda empat di tanjakan atau turunan yaitu ketika menghadapi situasi dimana kendaraan beroda empat harus berhenti di tengah tanjakan, entah lantaran macet atau kendaraan lain di depannya berhenti.
Pengoperasian yang dikombinasikan antara menambah gas, melepas pedal kopling dan melepas rem tangan yaitu cara yang perlu Anda latih ketika menyetir kendaraan beroda empat di tanjakan.
Ketenangan dan feeling terhadap putaran mesin dibutuhkan guna mencegah matinya mesin di tengah tanjakan, selain itu perlu juga berhati-hati terhadap penggunaan kopling yang berlebihan lantaran sanggup mengakibatkan kopling cepat aus dan rusak.
4. Hari keempat berguru mengemudi
Di hari ke empat Anda berlatih mengemudi kendaraan beroda empat manual secara belajar sendiri ini, Anda tinggal memperlancar latihan-latihan yang dilakukan pada hari pertama hingga hari ke tiga. Mulai dari mengoperasikan instrumen mobil, parkir, mengoper gigi secara lancar, berhenti, hingga pada situasi dijalan menanjak ataupun menurun.Pelajari dan praktekkan kembali apabila ada yang dirasa masih belum lancar hingga Anda benar-benar lancar dan menguasainya.
Tidak lupa juga untuk kembali mempelajari norma dan aturan-aturan mengemudi kendaraan beroda empat di jalan raya biar ketika datang masanya Anda harus mengemudi di jalan raya, Anda tidak resah dengan tanda, hukum dan marka jalan yang ada.
Semakin sering Anda berlatih maka semakin cepat pula Anda akan menguasai cara menyetir kendaraan beroda empat manual secara otodidak
Demikianlah tips dari kami bagi Anda yang sedang ingin mengetahui cara berguru mengemudi kendaraan beroda empat manual secara belajar sendiri untuk pemula. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua, terima kasih.