Cara Mengoper Gigi Persneling Kendaraan Beroda Empat Manual

Ketika kita gres berguru menyetir mobil, ada beberapa hal yang sering menciptakan kita sedikit khawatir ketika mulai duduk dibelakang kemudi. Beberapa diantaranya yaitu pembiasaan feeling terhadap lebar kendaraan beroda empat dengan jalan, mengoper gigi ketika melaju, mengatur keseimbangan antara pedal gas dan kopling semoga mesin kendaraan beroda empat tidak mati, dan beberapa hal penting lainnya.

Semua hal itu tentu perlu dipelajari dan dipraktekkan terus menerus, tentunya supaya semakin lancar sehingga kemahiran mengemudi kendaraan beroda empat sanggup semakin cepat.

Salah satu hal yang sering menjadi hambatan bagi para pemula yang gres berguru mengemudi kendaraan beroda empat manual yaitu cara mengoper gigi persneling kendaraan beroda empat manual tersebut.

 ada beberapa hal yang sering menciptakan kita sedikit khawatir ketika mulai duduk dibelakang  Cara mengoper gigi persneling kendaraan beroda empat manual

Ya, ketidak hafalan pengemudi pemula terkait posisi serta cara memindahkan gigi dari gigi satu ke gigi yang lainnya sanggup menjadi hambatan ketika berlatih mengemudi yang sebenarnya di jalan raya.

Oleh alasannya hal tersebut, kali ini kami akan memperlihatkan tips dan cara untuk berlatih mengoper dan memindahkan gigi persneling pada kendaraan beroda empat manual

Cara berlatih memindahkan persneling kendaraan beroda empat manual

Sebelum anda berguru mengemudi kendaraan beroda empat manual eksklusif dijalan, ada baiknya anda melaksanakan latihan mengoper gigi terlebih dahulu ketika mesin kendaraan beroda empat dalam kondisi mati.

Simulasikan perpindahan gigi layaknya Anda sedang mengemudi kendaraan beroda empat di jalan raya, mulai dari gigi 1 hingga gigi 5 yang disertai pula dengan menekan pedal kopling pada setiap perpindahannya.

Selain itu, ada tiga hal penting yang harus kita ketahui dan lakukan sebelum mengoper gigi kendaraan beroda empat manual
  1. Ambil perilaku hening dan jangan grogi ketika mengoper gigi
  2. Selalu injak penuh pedal kopling sekaligus angkat kaki dari pedal gas sebelum mengoper gigi
  3. Pahami dan kenali kondisi masuknya gigi yang benar (posisi sempurna biasanya ditandai menyerupai terasa ada "klek" ditangan)
Setelah kita memahami tiga kondisi penting yang perlu kita kuasai ketika mengoper gigi kendaraan beroda empat manual, langkah selanjutnya yaitu menghafal dan melancarkan cara mengoper gigi pada kendaraan beroda empat manual tersebut dengan baik dan benar

Gigi Netral (N)

Gigi netral ini letaknya ada di tengah-tengah. Untuk memastikan posisi gigi netral, anda sanggup menggeser tuas persneling ke kanan dan ke kiri secara ringan dan mudah. Selain itu, kalau kendaraan beroda empat sedang berada pada pada posisi gigi netral, kendaraan beroda empat tidak akan berjalan meskipun anda menekan pedal gas sedalam-dalamnya.

Gigi Satu (1)

Gigi 1 terletak di sebelah kiri atas, merupakan gigi terendah namun mempunyai torsi terbesar diantara gigi maju lainnya. Untuk masuk ke gigi satu (1), yang perlu anda lakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling
  2. Geser tuas persneling ke kiri hingga terasa mentok
  3. Dorong ke depan mengikuti arah angka 1
  4. Lepaskan perlahan pedal kopling semoga kendaraan beroda empat berjalan

Gigi Dua (2)

Gigi 2 posisinya ada di sebelah kiri bawah. Untuk masuk ke gigi Dua (2) dari posisi gigi satu (1), yang perlu anda lakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling
  2. Tahan tuas persneling semoga tetap ada diposisi kiri
  3. Dorong tuas persneling ke arah belakang mengikuti arah angka 2
  4. Lepaskan perlahan pedal kopling semoga kendaraan beroda empat berjalan

Gigi Tiga (3)

Gigi 3 terletak disisi tengah atas. Untuk masuk ke gigi tiga (3) dari posisi gigi dua (2), yang perlu anda lakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling
  2. Dorong tuas persneling sedikit kedepan (sedikit saja semoga tidak kembali masuk gigi 1)
  3. Geser tuas persneling sedikit ke kanan
  4. Dorong tuas persneling ke depan mengkuti arah angka 3
  5. Lepaskan perlahan pedal kopling semoga kendaraan beroda empat berjalan

Gigi Empat (4)

Gigi 4 terletak disisi tengah bawah. Untuk masuk ke gigi empat (4) dari posisi gigi tiga (3), yang perlu anda lakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling
  2. Dorong tuas persneling lurus ke arah belakang menuju angka 4
  3. Lepaskan perlahan pedal kopling semoga kendaraan beroda empat berjalan

Gigi Lima (5)

Gigi 5 posisinya ada di sebelah kanan atas, merupakan gigi tertinggi dengan torsi terkecil diantara gigi lainnya Untuk masuk ke gigi lima (5) dari posisi gigi empat(4), yang perlu anda lakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling
  2. Dorong tuas persneling sedikit kedepan (kembali ke posisi tengah)
  3. Geser tuas persneling sedikit ke kanan
  4. Dorong tuas persneling ke depan mengkuti arah angka 5
  5. Lepaskan perlahan pedal kopling semoga kendaraan beroda empat berjalan

Gigi Mundur (R)

Untuk gigi mundur (R), perlu diketahui bahwa ada 2 model tuas gigi persneling kendaraan beroda empat manual yang kami ketahui (dari beberapa model yang ada) terkait letak dan posisi gigi mundur (R), yaitu
  1. Gigi mundur (R) disisi kanan
  2. Gigi mundur (R) disisi Kiri

Model #1 ; Gigi Mundur (R) disisi kanan bawah

Tuas persneling model #1 ini yaitu tuas persneling yang letak gigi mundurnya (R) ada di sebelah kanan sempurna di bawah gigi 5.

 ada beberapa hal yang sering menciptakan kita sedikit khawatir ketika mulai duduk dibelakang  Cara mengoper gigi persneling kendaraan beroda empat manual
Tuas persneling tipe ini umum dipakai dibanyak mobil, misalnya menyerupai pada kendaraan beroda empat avanza dan xenia. Untuk penggunaannya, tidak ada cara yang Istimewa dan sama menyerupai memindahkan tuas ke posisi gigi lainnya.

Untuk masuk ke gigi mundur (R) dari posisi gigi netral (N) pada tuas persneling model #1 ini yang perlu anda lakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling
  2. Geser tuas persneling ke arah kanan hingga terasa mentok
  3. Dorong tuas ke belakang mengikuti arah karakter R
  4. Lepaskan perlahan pedal kopling semoga kendaraan beroda empat berjalan

Model #2 ; Gigi Mundur (R) disisi kiri atas

Tuas persneling model #2 ini yaitu tuas persneling yang letak gigi mundurnya (R) ada di sebelah kiri atas sempurna disamping kiri gigi 1.

 ada beberapa hal yang sering menciptakan kita sedikit khawatir ketika mulai duduk dibelakang  Cara mengoper gigi persneling kendaraan beroda empat manual

Tuas persneling model menyerupai ini ada di beberapa tipe kendaraan beroda empat diantaranya menyerupai Chevrolet Spin dan Chevrolet Spark juga Toyota Sienta.

Untuk masuk ke gigi mundur (R) dari posisi gigi netral (N) pada tuas persneling model #2 ini yang perlu anda lakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling
  2. Angkat ke atas ring yang ada di bawah Tuas persneling dengan jari telunjuk dan jari tengah
  3. Geser tuas persneling ke arah kiri sambil menahan ring yang sebelumnya ditarik keatas
  4. Dorong tuas ke depan mengikuti arah karakter R
  5. Lepaskan perlahan pedal kopling semoga kendaraan beroda empat berjalan

Cara memindahkan gigi persneling ketika kendaraan beroda empat berjalan

Kalau kita sudah lancar mengoper dan memindahkan gigi ketika kendaraan beroda empat diam, maka langkah selanjutnya yang perlu dipelajari yaitu cara untuk memindahkan gigi persneling ketika kendaraan beroda empat sedang berjalan. Bagaimana caranya ? Simak cara memindahkan gigi ketika kendaraan beroda empat berjalan menyerupai dibawah ini.
  1. Biarkan kendaraan beroda empat melaju (sebagai pola ketika ini, transmisi berada di gigi 2).
  2. Tekan pedal gas perlahan hingga kecepatan kendaraan beroda empat dan rpm mesin bertambah.
  3. Saat putaran rpm mesin berada diangka 2200 rpm (lihat tachometer di dashboard), lepas injakan kaki kanan dari pedal gas, kaki kiri tekan penuh pedal kopling.
  4. Pindahkan tuas persneling dari gigi 2 ke 3.
  5. Lepas pedal kopling sambil perlahan menekan pedal gas untuk menyesuaikan putaran mesin dengan kecepatan mobil.
  6. Begitu seterusnya.

Menurunkan dan mengurangi gigi mobil

Saat melaksanakan perpindahan gigi persneling , sebaiknya selalu perhatikan kecepatan kendaraan beroda empat dan rpm mesin (lihat pada speedometer dan tachometer). Untuk oper gigi naik (menaikkan gigi persneling) umumnya tidak terlalu banyak masalah, namun untuk menurunkan gigi, lakukan dengan hati-hati.

Patokan utama untuk mengurangi gigi kendaraan beroda empat yaitu kecepatan laju kendaraan.

Perhatikan kecepatan maksimal kendaraan beroda empat untuk menurunkan gigi persneling yang dianjurkan pada buku petunjuk penggunaan mobil, hal ini penting untuk diingat alasannya masing-masing kendaraan beroda empat mempunyai batasan yang berbeda terkait kecepatan terendah yang sanggup di toleransi oleh transmisi .

Sebagai contoh, jangan menurunkan gigi persneling ke posisi paling rendah (gigi 1 atau gigi 2) disaat kecepatan kendaraan beroda empat lebih dari 50 km/jam.

Lakukan perpindahan gigi ke gigi yang lebih rendah sesudah kecepatan kendaraan beroda empat berada pada kecepatan yang dianjurkan pada buku petunjuk tersebut.

Kesalahan menempatkan posisi gigi persneling pada kecepatan kendaraan beroda empat yang tidak sesuai sanggup menjadikan kerusakan yang fatal pada mesin dan transmisi.

Jika Anda rajin berlatih memindahkan gigi persneling disaat kendaraan beroda empat sedang berjalan, maka akan semakin cepat pula Anda andal mengemudikan kendaraan beroda empat manual. Seiring berjalannya waktu maka ihwal memindahkan gigi ini tidak lagi susah dan bahkan akan menjadi kebiasan yang tidak lagi perlu Anda pikirkan bagaimana caranya.

Demikianlah cara mengoper gigi kendaraan beroda empat manual untuk pemula yang sanggup kami sampaikan. Semoga cara yang sudah kami jelaskan sanggup bermanfaat dan memudahkan anda yang gres berguru mengemudi mobil, usahakan untuk menghafal semua posisi gigi semoga anda sanggup mengoper gigi kendaraan beroda empat manual dengan cepat dan benar