6 Kelebihan Kendaraan Beroda Empat Pencetus Roda Belakang

Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas kelebihan kendaraan beroda empat aktivis roda depan beserta kekurangannya, maka kali ini Ombro akan melanjutkan pembahasan mengenai kelebihan kendaraan beroda empat aktivis roda belakang.

Seperti diketahui bahwa kendaraan beroda empat aktivis roda belakang ialah kendaraan beroda empat yang memakai roda belakang sebagai kekuatan untuk menggerakkan mobil. Tenaga dan putaran mesin disalurkan melalui drive train menuju ke roda belakang melalui poros propeler shaft, kesudahannya roda belakang mempunyai kekuatan puntir serta kecepatan yang dihasilkan oleh mesin.

Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas  6 Kelebihan kendaraan beroda empat aktivis roda belakang

Beberapa teladan kendaraan beroda empat yang memakai aktivis roda belakang diantaranya ialah Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Mistubishi Pajero Sport, dan lain-lain.

Nah mobil-mobil yang terkenal dan banyak dipakai di Indonesia ini memakai aktivis roda belakang sebagai sistem penggeraknya. Lantas, apa saja kelebihan kendaraan beroda empat aktivis roda belakang? Simak 6 kelebihan kendaraan beroda empat aktivis roda belakang dibawah ini.

1. Traksi lebih besar sehingga berpengaruh di tanjakan curam

Kelebihan kendaraan beroda empat pengerak roda belakang yang paling banyak diketahui ialah kendaraan beroda empat aktivis roda belakang mempunyai traksi (daya cengkeram roda) yang lebih besar sehingga berpengaruh menanjak di tanjakan curam.

Traksi yang lebih besar ini akan tercipta alasannya dikala kendaraan beroda empat menanjak di tanjakan curam, bobot kendaraan beroda empat bergeser ke bab belakang. Efeknya, roda belakang kendaraan beroda empat yang berfungsi sebagai aktivis mendapat tekanan yang lebih besar ke permukaan jalan.

Tekanan yang besar pada roda belakang akhir berpindahnya bobot kendaraan beroda empat ke belakang, akan mencegah roda dari kondisi berputar ditempat secara cepat (spin). Akibatnya, tenaga mesin sanggup dipakai secara maksimal untuk menggerakkan roda belakang dan mendorong kendaraan beroda empat dikala menanjak.

Ya, kendaraan beroda empat aktivis roda belakang menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang untuk 'mendorong' kendaraan beroda empat bukan ‘menarik’ kendaraan beroda empat menyerupai yang ada pada kendaraan beroda empat aktivis roda depan.

Oleh karenanya kendaraan beroda empat aktivis roda belakang mempunyai keunggulan yang lebih baik dibanding dengan kendaraan beroda empat pengerak roda depan dikala menanjak di tanjakan curam.

2. Pengendalian yang lebih stabil dan nyaman

Kelebihan kendaraan beroda empat aktivis roda belakang berikutnya ialah kendaraan beroda empat aktivis roda belakang memilki pengendalian yang lebih stabil dan nyaman. Hal ini bisa tercipta karena roda kemudi bab depan benar-benar 'murni' dipakai untuk mengarahkan laju kendaraan.

Ya, pada kendaraan beroda empat roda aktivis belakang, roda depan hanya berfungsi sebagai pengarah laju kendaraan, sehingga tidak ada tenaga/putaran mesin yang menghentak pada sistem kemudi di roda depan. Akibatnya, akan tercipta pengendalian kendaraan beroda empat yang lebih stabil dan nyaman.

Selain itu, alasannya roda depan tidak terpengaruh oleh putaran dan tenaga mesin, hal ini juga menciptakan getaran yang terjadi di lingkar setir kendaraan beroda empat menjadi lebih rendah. Ya, getaran setir pada kendaraan beroda empat aktivis roda belakang akan terasa lebih halus dan tidak kasar.

3. Turning radius bisa lebih besar

Kelebihan kendaraan beroda empat aktivis roda belakang yang selanjutnya ialah kendaraan beroda empat pengerak roda belakang mempunyai turning radius (radius putar) yang lebih besar.

Turning radius yang lebih besar pada kendaraan beroda empat roda aktivis belakang bisa tercipta alasannya roda bab depan yang dipakai untuk berbelok dan berputar arah tidak terhalang oleh as roda (drive shaft).

Sudut belok yang dimiliki as roda (drive shaft joint) ini tidaklah besar dan sangat terbatas, keterbatasan sudut belok pada as roda ini ikut membatasi minimum turning radius yang dihasilkan oleh roda depan kendaraan beroda empat dikala berbelok. Akibatnya, turning radius kendaraan beroda empat aktivis roda depan akan lebih kecil dibanding kendaraan beroda empat aktivis roda belakang.

Semakin besar turning radius yang dimiliki sebuah mobil, maka kemampuan kendaraan beroda empat untuk bermanuver dan berbalik arah akan semakin mudah.

Ya, turning radius yang besar bisa menciptakan sudut putar kendaraan beroda empat menjadi lebih kecil, efeknya jarak tempuh yang dipakai untuk memutar kendaraan beroda empat bisa lebih pendek dan lebih dekat. Hasilnya, kendaraan beroda empat aktivis roda belakang mempunyai manuver yang lebih lincah dibandingkan dengan kendaraan beroda empat aktivis roda depan.

4. Kemampuan untuk membawa beban yang lebih berat

Kelebihan kendaraan beroda empat aktivis roda belakang berikutnya ialah kendaraan beroda empat tipe ini mempunyai kemampuan yang lebih baik dikala membawa beban yang lebih berat. Tak berlebihan memang kalau kita melihat fakta dilapangan bahwa sebagian besar truk dan kendaraan beroda empat pengangkut barang lebih banyak memakai aktivis roda belakang.

Ya, mobil-mobil aktivis roda belakang mempunyai kemampuan membawa beban yang lebih berat alasannya ia mempunyai traksi yang lebih besar pada roda belakang sehingga bisa memperlihatkan daya dorong yang lebih baik kalau dibandingkan dengan daya tarik pada kendaraan beroda empat aktivis depan.

5. Drive train, as roda, suspensi, dan kaki-kaki lebih tahan banting

Kelebihan kendaraan beroda empat aktivis roda belakang yang lainnya ialah kendaraan beroda empat aktivis roda belakang mempunyai drive train yang lebih tahan banting dibanding dengan kendaraan beroda empat aktivis roda depan.

Ya, hal ini dikarenakan pada kendaraan beroda empat aktivis roda belakang memakai propeler shaft dan gardan yang secara konstruksi lebih berpengaruh dibandingkan dengan as roda pada kendaraan beroda empat aktivis roda depan. Selain lebih kuat, biaya perawatan untuk drive train pada kendaraan beroda empat aktivis roda belakang ini juga terbilang lebih murah.

Selain drive train dan as roda, kendaraan beroda empat aktivis roda belakang juga dikenal mempunyai suspensi dan kaki-kaki yang lebih tahan banting. Hal ini tercipta alasannya suspensi pada kendaraan beroda empat aktivis roda belakang tidak terganggu dan terbebani oleh tenaga putar mesin ke roda.

6. Lebih seimbang dan stabil dikala akselerasi tiba-tiba serta pada kecepatan tinggi

Kelebihan kendaraan beroda empat aktivis roda depan yang terakhir Ombro ketahui ialah kendaraan beroda empat aktivis roda belakang mempunyai keseimbangan yanng lebih baik dikala akselerasi tiba-tiba serta pada dikala kecepatan tinggi.

Hal ini di karenakan kendaraan beroda empat aktivis roda belakang mempunyai bobot yang lebih seimbang dari depan hingga kebelakang akhir adanya propeller shaft serta gardan (differential) yang secara konstruksi juga lebih berat.

Selain itu, posisi mesin yang umumnya sejajar dengan bodi kendaraan beroda empat juga memperlihatkan keseimbangan yang lebih baik sehingga bobot kendaraan beroda empat bisa terdistribusi dengan baik keseluruh sudut mobil.