Komponen Power Steering Hidrolik Tipe Rack And Pinion

Power Steering System merupakan sistem kemudi yang sanggup mengurangi usaha/tenaga pengemudi untuk mengendalikan dan meringankan roda kemudi kendaraan dengan menyediakan tenaga pemanis dari luar tenaga pengemudi.

Umumnya, power steering memakai tenaga putaran mesin yang dikonversi untuk memompa fluida pada sistem hidrolik sehingga sanggup memperlihatkan tenaga pemanis dalam mengemudikan kemudi.

Power Steering System merupakan sistem kemudi yang sanggup mengurangi perjuangan Komponen Power Steering Hidrolik Tipe Rack And Pinion

Pada beberapa tipe kendaraan, mereka memanfaatkan kecepatan kendaraan yang akan dideteksi oleh sebuah sensor kecepatan disertai pendeteksian tekanan fluida yang untuk menggerakkan piston secara bervariasi.

Ketika kendaraan berhenti atau bergerak dalam kecepatan rendah, maka tekanan fluida akan meningkat sehingga kemudi terasa lebih ringan dikala digunakan. Saat kecepatan tinggi, tekanan fluida akan berkurang untuk mengakomodasi kebutuhan kemudi dan menyesuaikan dari respon roda kemudi sehingga kemudi menjadi lebih berat guna mendapat pengemudian yang lebih stabil.

Pada artikel berikut, Ombro akan menginformasikan komponen-komponen power steering hidrolik tipe rack and pinion.

Reservoir tank steering oil

Power Steering System merupakan sistem kemudi yang sanggup mengurangi perjuangan Komponen Power Steering Hidrolik Tipe Rack And Pinion

Reservoir tank steering oil ini merupakan daerah untuk menampung oli power steering yang mengalir melalui low pressure hose dan berasal dari rotary control valve. Setelah ditampung, oli power steering yang ada didalam reservoir tank ini kemudian disalurkan kembali menuju ke pompa power steering.

Pada reservoir tank ini, teman sanggup melaksanakan investigasi jumlah oli power steering, alasannya yaitu umumnya pada reservoir tank ini terdapat stick ataupun tanda investigasi level ketinggian oi power steering.

Pompa Power Steering / Vane pump

Power Steering System merupakan sistem kemudi yang sanggup mengurangi perjuangan Komponen Power Steering Hidrolik Tipe Rack And Pinion

Pompa Power Steering lebih dikenal dengan sebutan Vane Pump . Vane pump berfungsi untuk menghasilkan fluida bertekanan sangat tinggi. Tekanan fluida ini dipakai untuk meningkatkan daya pada kemudi dikala berbelok sehingga kemudi menjadi lebih enteng.

Pompa power steering / vane pump ini umum digerakkan oleh sebuah fan belt power steering melalui sebuah pulley atau dengan memakai gear (roda gigi) yang melekat eksklusif pada roda gigi di mesin.

Vane pump terdiri dari komponen-komponen pompa oli menyerupai Vane, Cam ring, Rotor, O-ring, dan Flow Control Valve yang mempunyai tingkat presisi yang tinggi sehingga harus dikerjakan secara hati-hati.

Didalam flow control valve (katup pengatur aliran) terdapat sebuah relief valve (katup pembebas) yang akan mengatur tekanan maksimum fluida yang dihasilkan pompa.

Pengaturan tekanan fluida ini sangatlah penting alasannya yaitu bila tekanan fluida kurang, maka akan terjadi kehilangan daya dalam membantu penambahan daya di kemudi. Dan bila tekanan fluida ini terlalu tinggi maka sanggup merusak relief valve.

High Pressure Steering hose

Power Steering System merupakan sistem kemudi yang sanggup mengurangi perjuangan Komponen Power Steering Hidrolik Tipe Rack And Pinion

High Pressure Steering hose yaitu selang power steering daerah mengalirnya fluida bertekanan tinggi untuk dialirkan menuju ke rotary control valve.

Dari pompa power steering , tepatnya dari flow control valve, Fluida bertekanan tinggi ini dialirkan melalui high pressure steering hose menuju ke rotary control valve yang ada pada rotary control valve housing.

Oleh karenanya, High Pressure Steering hose ini dibentuk secara khusus supaya sanggup menahan tekanan fluida yang dihasilkan dari pompa oil.

Low Pressure Steering Hose

Power Steering System merupakan sistem kemudi yang sanggup mengurangi perjuangan Komponen Power Steering Hidrolik Tipe Rack And Pinion

Low Pressure steering hose ini merupakan selang power steering yang berfungsi sebagai daerah mengalirnya fluida bertekanan rendah dari rotary control valve menuju ke reservoir tank oil.

Steering Gear Housing

Power Steering System merupakan sistem kemudi yang sanggup mengurangi perjuangan Komponen Power Steering Hidrolik Tipe Rack And Pinion

Steering gear housing pada power steering hidrolik tipe rack and pinion ini dibentuk menyatu dengan power cylinder dan rotary control valve. Steering gear housing berfungsi sebagai daerah meletakkan power steering rack shaft dan pinion gear.

Steering Rack Shaft

Power Steering System merupakan sistem kemudi yang sanggup mengurangi perjuangan Komponen Power Steering Hidrolik Tipe Rack And Pinion

Steering rack shaft merupakan sebuah shaft yang mempunyai piston di salah satu sisinya yang terhubung dengan power cylinder, sedangkan pada sisi lainya terdapat gear yang terhubung dengan pinion gear di dalam steering gear housing. Steering rack shaft ini secara eksklusif terhubung dengan tie rod dan roda.

Power Cylinder

Power Steering System merupakan sistem kemudi yang sanggup mengurangi perjuangan Komponen Power Steering Hidrolik Tipe Rack And Pinion

Power cylinder merupakan daerah piston untuk menggerakkan roda gigi kemudi akhir tekanan fluida yang dihasilkan dari vane pump. Power cylinder ini berupa silinder mekanis daerah piston internal yang menyatu dengan steering rack shaft di tempatkan.

Piston internal diletakkan di tengah-tengah diantara fluid chamber yang masing-masing chamber ini terhubung dengan rotary control valve melalui sebuah hose pipe. Ketika fluida hidrolik masuk salah satu fluid chamber maka tenaga fluda ini akan mendorong piston sehingga menggerakkan steering rack shaft sekaligus menggerakkan roda gigi kemudi.

Rotary Control Valve

Power Steering System merupakan sistem kemudi yang sanggup mengurangi perjuangan Komponen Power Steering Hidrolik Tipe Rack And Pinion

Rotary Control Valve berfungsi untuk mengatur arah fatwa fluida dari pompa power steering. Rotary control valve pada power steering rack and pinion dipasang menyatu dengan pinion gear dan ditempatkan dalam sebuah housing yang berjulukan rotary control valve housing.