Fungsi Clutch Cover Dan Tipe-Tipenya

Clutch cover merupakan komponen dari sistem kopling pada kendaraan. Clutch cover ini juga sering dikenal dengan sebutan tutup kopling, rumah kopling, dekrup sampai matahari kopling.

Clutch cover berbentuk menyerupai piringan yang dibagian dalamnya terdiri dari pegas penekan dan sebuah plat dengan permukaan rata yang terbuat dari besi tuang. Clutch cover ini dipakai sebagai tutup kampas kopling (clutch disc) yang dipasang pribadi pada flywheel dengan sambungan baut di sekelilingnya.

Ya, plat dengan permukaan rata pada clutch cover ini akan berhadapan pribadi dengan kampas kopling sehingga kampas kopling akan terjepit diantara clutch cover dan flywheel.

Clutch cover merupakan komponen dari sistem kopling pada kendaraan Fungsi Clutch Cover Dan Tipe-tipenya

Lantas apa sebetulnya fungsi dari clutch cover ini, dan apa saja tipe-tipe clutch cover yang ada? Nah, pada artikel kali ini, ombro akan menyebarkan informasi seputar fungsi clutch cover dan tipe-tipe clutch cover yang dipakai pada banyak kendaraan dikala ini. Simak infonya dibawah berikut ini...

Fungsi Clutch Cover

Fungsi clutch cover ialah untuk menjepit kampas kopling (clutch disc) dan atau membebaskan jepitannya dengan flywheel menurut tekanan yang diberikan pada pedal kopling. Dengan begitu, maka tenaga putar dari mesin sanggup disambungkan atau diputuskan dengan transmisi.

Clutch cover merupakan komponen dari sistem kopling pada kendaraan Fungsi Clutch Cover Dan Tipe-tipenya

Ketika pedal kopling dilepas (tidak ditekan), maka plat pada clutch cover akan menjepit clucth disc. Saat ini tenaga mesin akan diteruskan menuju clutch disc dan input shaft transmisi. Sedangkan, ketika pedal kopling di tekan, maka plat yang ada di clucth cover tidak menjepit clutch disc, alhasil tenaga putar dari mesin akan terputus

Tipe-Tipe Clutch Cover

Pada mobil-mobil yang banyak beredar dikala ini kita sanggup menemukan dua tipe clutch cover yang digunakan, yaitu clutch cover tipe coil spring dan clutch cover tipe diaphragm spring (tipe diafragma). Berikut klarifikasi masing-masing tipe clutch cover

1. Tipe Coil Spring

Clutch cover tipe coil spring ialah clutch cover yang umumnya dipakai pada kendaraan-kendaraan heavy duty menyerupai truk dan bus berkapasitas besar. Clutch cover tipe ini memakai pegas berbentuk coil spring yang sanggup disetel ketinggiannya dan dipasang diantara tutup clutch cover dengan plat penekan (pressure plate).

Perhatikan bentuk clutch cover tipe coil spring dibawah ini

Clutch cover merupakan komponen dari sistem kopling pada kendaraan Fungsi Clutch Cover Dan Tipe-tipenya

Berikut laba dan kerugian dari clutch cover tipe coil spring
Keuntungan :
  • Daya tekan pressure plate terhadap plat kopling lebih kuat.
  • Penekanan Plat kopling sanggup disetel.
Kerugian :
  • Tenaga yang dibutuhkan untuk menekan pedal kopling lebih besar.
  • Konstruksi rumit sehingga harganya mahal.
  • Penekanan Coil Spring yang tidak rata sanggup mengakibatkan getaran

2. Tipe Diaphragm Spring

Clutch cover tipe diaphragm spring ialah clutch cover yang umum dipakai pada kendaraan-kendaraan ringan untuk penumpang menyerupai kendaraan beroda empat sedan, pick up, atau SUV. Clutch cover tipe diaphragm spring ini memakai pegas berbentuk difragma yang dipasangamelingkar di tengah-tengah bodi clutch cover.

Perhatikan bentuk clutch cover tipe coil spring dibawah ini

Clutch cover merupakan komponen dari sistem kopling pada kendaraan Fungsi Clutch Cover Dan Tipe-tipenya

Berikut laba dan kerugian dari clutch cover tipe Diaphragm Spring
Keuntungan :
  • Tenaga pemfokusan pedal kopling lebih ringan.
  • Daya tekan pressure plate terhadap plat kopling lebih merata.
  • Tenaga pegas tidak akan berkurang sebab gaya sentrifugal dikala kecepatan tinggi.
Kerugian :
  • Lebih gampang slip bila di berikan beban torque yang terlalu besar